DASAR EXIM (EXPORT IMPORT)

Buat agan agan yang baru kerja di bidang export import seperti ane sekarang, dulu ane kerja di developer gan terus ane pindah ke perusahaan importir alat berat. kebetulan ane ini bagian Staff EXIM (Export Import).
Sebagai pemula gan ane ni bingung dengan banyaknya istilah istilah di dalam bidang Import Khususnya. apalagi ane sebagai staff yang baru 9 bulan kerja di Perusahaan importir sangat sulit untuk memahami detail dari alur Import barang ni gan. Nah ane mau sekedar berbagi apa yang ane tau nih gan. emang sih gak sempurna tapi sekiranya bagi agan agan yang masih awam bisa belajar dasar dasar EXIM disini.



ISTILAH EKSPOR DAN IMPOR
SHIPPER : Adalah pengirim barang atau penjual barang / exportir. Istilah Shipper akan selalu kita temui setiap hari. Baik untuk aktifitas ekspor impor maupun aktifitas pengiriman dan penerimaan barang lokal.
CONSIGNEE : Adalah penerima barang atau pembeli barang / importir. Istilah ini juga akan kita temui dalam aktifitas sehari2.
NOTIFY PARTY : Adalah pihak ketiga yang mengetahui dan wajib di beritahu mengenai adanya kegiatan ekspor impor. Biasanya kita temui istilah ini di dalam Bill of Lading ekspor maupun impor.
BILL OF LADING : Adalah tanda bukti pengiriman barang ekspor atau impor yang wajib ada sebagai salah satu syarat yang wajib dipenuhi dalam rangka pengambilan barang ( impor ), pengurusan COO ( ekspor ), pembayaran barang ( Bank ), pengurusan dan dokumentasi kepabeanan ( Bea Cukai ).
SHIPPING LINE : Adalah perusahaan pelayaran yang menyediakan jasa pengiriman barang melalui jalur laut. Biasa di sebut juga sebagai Carrier / Liner. Apakah mereka memiliki kapal sendiri?. Ada yang punya kapal sendiri dan ada yang tidak punya kapal sendiri.
AIRLINE : Adalah perusahaan penerbangan yang menyediakan jasa pengiriman barang melalui jalur udara.
TRUCKING COMPANY : Adalah perusahaan angkutan darat yang menyediakan layanan jasa pengiriman barang melalui jalur darat.
EMKL / U : Kependekan dari Ekspedisi Muatan Kapal Laut / Udara. Yaitu perusahaan yang bergerak di bidang jasa penguruaan kepabeanan.
EMPU : Kependekan dari Ekspedisi Muatan Pesawat udara. Adalah nama baru / pengganti bagi EMKU. Namun EMPU lebih condong kepada layanan pengeluaran barang di bandara dan kantornya berlokasi di area cargo bandara.
PPJK : Kependekan dari  Perusahaan Pengurusan Jasa Kepabeanan atau yang sering dikenal dengan istilah PPJK adalah badan usaha yang melakukan kegiatan pengurusan pemenuhan kewajiban pabean untuk dan atas kuasa importir atau eksportir. Apa bedanya dengan EMKL?. Tidak semua perusahaan EMKL memiliki ijin sebagai PPJK. Sehingga dalam rangka menjual jasanya sebagai penerbit dokumen PEB dan atau PIB, perusahaan EMKL memerlukan kerjasama dengan perusahaan atau perorangan yang memiliki PPJK terlebih dahulu.
Freight Forwarder : adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman kargo untuk layanan ekspor dan impor melalui jalur udara, laut dan darat. Tidak seperti shipping line, semua perusahaan freight forwarder tidak memiliki kapal sendiri. Namun Freight Forwarder memiliki kelebihan2 yang tidak di punya dari shipping line, antara lain : 1. Harga pengapalan atau penerbangan lebih murah, 2. Bill of Lading yang lebih fleksibelLayanan Jasa yang lebih luas mencangkup layanan Laut, Udara, Darat dan bahkan Warehousing / jasa layanan gudang.
PBM : kependekan dari Perusahaan Bongkar Muat. Adalah sebuah perusahan yang bergerak di bidang jasa pemuatan / pembongkaran barang ekspor / impor dalam bentuk LCL maupun bongkar muat barang muatan curah.
BEA CUKAI : Adalah instansi pemerintah yang ditugaskan melakukan pengawasan dan layanan pemasukan dan pengeluaran barang di wilayah Kepabeanan Republik Indonesia.
DEPO KONTAINER : Adalah tempat penumpukan kontainer milik perusahaan pelayaran sebagai tempat pengambilan kontainer kosong dalam rangka kegiatan ekspor dan pengembalian kontainer kosong dalam rangka kegiatan impor.
CFS : kependekan dari Container Freight Station. Yaitu tempat berkumpulnya barang ekspor / impor dengan mode pengiriman jenis LCL.
CY : Kependekan dari Container Yard. Yaitu Lapangan Penumpukan kontainer di pelabuhan.
TPKS : Terminal Peti Kemas. Yaitu tempat di tumpuknya peti kemas dalam rangka ekspor dan Impor. TPKS ini di kelola oleh BUMN dan pihak Swasta. CY adalah baguan dari TPKS.
LCL : kependekan dari Less than Container Loaded. Yaitu jenis pengiriman barang ekspor atau impor yang tidak menggunakan kontainer saat dikirim dari gudang Shipper. Barang / Kargo LCL akan di kirim ke CFS untuk digabungkan dengan kargo LCL lainya untuk selanjutnya dimuat ke dalam satu kontainer.
FCL : kependekan dari Full Container Loaded. Yaitu jenis pengiriman barang ekspor atau impor yang menggunakan Kontainer saat dikirim dari gudang shipper. Kargo dengan mode FCL akan dikirimkan langsung ke CY
SEAPORT : adalah Pelabuhan
AIRPORT : adalah bandara
POL : Kependekan dari Port Of Loading, yaitu pelabuhan muat barang.
POD : Kependekan dari Port of Discharge, yaitu pelabuhan bongkar barang.
POR : Kependekan dari Place of Receipt, yaitu tempat penerimaan barang.
TRANS SHIPMENT PORT : adalah pelabuhan singgah / transit. Yaitu pelabuhan dimana kapal pertama / mother vessel singgah untuk memindahkan muatanya untuk di muat ke kapal penerus / connecting vessel yang selanjutnya akan dikirin ke POD.
VESSEL : Kapal Laut ( contoh: YM Image, Kota Tegap, As Constantina..dll )
Voyage / Voy. / V. : Nomor Pengapalan ( contoh: Voy. 036S, Voy. 06E, V. 032.dll
NOTE : dalam dunia ekspor impor, nama kapal dan voyage akan selalu beriringan contoh : YM Image V. 036S..dll
SAILING SCHEDULE : Jadwal Pengapalan
FLIGHT SCHEDULE : Jadwal Penerbangan
FLIGHT : Penerbangan
FLIGHT NUMBER : Nomor Penerbangan.
Contoh : barang di kirim menggunakan GA 246. Artinya, barang dikirim menggunakan jasa layanan airline GA ( Garuda Airline ) dengan nomor penerbangan 246. Atau SQ102 artinya barang dikirin dengan layanan penerbangan Singapore Airline dengan nomor penerbangan 102.






Ekspor adalah sebuah kegiatan pengeluaran / pengiriman barang dari dalam negeri yang di tujukan kepada penerima barang di luar negeri.
Impor adalah sebuah kegiatan penerimaan / pemasukan barang dari luar negeri yang di tujukan kepada penerima barang di dalam negeri.
Dalam rangka terwujudnya kegiatan / aktifitas ekspor dan impor maka di perlukan beberapa pihak yang terlibat. Antara lain :
1. Pengirim Barang
2. Penerima Barang
3. Pihak Pemerintah
4. Pihak penyedia jasa Angkutan ( Udara Laut dan Darat )
Keempat komponen diatas adalah syarat mutlak agar aktifitas ekspor dan impor dapat berjalan dengan semestinya.
Lalu bagaimana sih gambaran secara singkat atau umum atau garis besar kegiatan ekspor dan impor itu?. Pengen tau gue..haha..
Ibarat sebuah telur penggambaran berikut ini hanya kulit nya aja. Isinya..sama sekali belum saya bahas.
Awal mula adanya ekspor karena adanya order/minat dari luar negeri untuk membeli barang dagangan kita disini. Minat / order itu di realisasikan dengan adanya perjanjian jual beli antara penjual dan pembeli. Dalam perjanjian itu berisikan macem2 ya..nama barang, jenis barang, ukuran barang, jumlah barang, nilai barang, mode pengiriman, deadline waktu pengiriman..dan lain2. Okelah itu urusan manajemen..urusan bos bos. Begitu pula sebaliknya untuk urusan Impor..sama kayak diatas.
Terus kalo barang udah siap kirim gimana?. Kalo barang sudah siap kirim. Maka alurnya :
1. Proses pemesanan armada
2. Proses pemuatan barang sambil ngurus..
3. Proses perijinan dokumen untuk mendapatkan persetujuan ekspor
4. Pengiriman barang ke gudang muat jika barang ekspor nya hanya sedikit. Atau pengiriman barang ke pelabuhan jila barangnya banyak hingga memerlukan sebuah kontainer
5. Proses pemuatan barang di kapal
6. Udah..nunggu kapal berangkat
Lha kalo alur impor gimana?
Alur impor adalah proses kebalikanya dari ekspor. Yaitu :
1. Nunggu kedatangan kapal, kalo udah dateng
2. Ngurus perijinan impor agar barang bisa di proses pengeluaranya dari pelabuhan
3. Pemesanan armada untuk pengiriman ke gudang penerima barang.
4. Proses pembongkaran di gudang penerima barang.
5. Selesai deh
PACKING LIST : Daftar Rincian barang secara mendetail yang berisikan nama Shipper, Consignee, Notify Party, Nama Vessel & Voy, Dimensi Barang, Gross Weight dan Net Weight per Item barang maupun total keseluruhan, Jumlah barang.
COMMERCIAL INVOICE : Daftar rincian barang mendetail yang berisikan nama Shipper, Consignee, Notify Party, Nama Vessel & Voy, Nilai Invoice per Item barang maupun total keseluruhan, Jumlah barang.
F.O.B : Free On Board. Metode Pembayaran di pelabuhan bongkar baik itu Harga Barang (Nilai Commercial Invoice), Asuransi (Insurrance) dan Biaya Pengiriman (Freight).
C.I.F : Cost Insurrance & Freight. Metode Pembayaran di Pelabuhan Muat. Artinya, sebelum melakukan pengiriman barang tersebut sudah di lunasi oleh Consignee. Dan biaya asuransi maupun ongkos kirim sudah di bayar oleh Shipper di Pelabuhan Muat.
C.&.F : Cost & Freight. Metode Pembayaran yg tidak jauh berbeda dengan C.I.F, tetapi dalam kasus C & F, pihak Shipper tidak membayar asuransi / tidak mengasuransi kan barang tersebut.
SHIPPING SCHEDULE : Jadwal Pengapalan. Jadwal ini diterbitkan oleh pihak Shipping Agent. Berisi mengenai ETD Vessel, ETA Vessel di pelabuhan bongkar, mode pengiriman (Cepat atau Lambat), Rute Kapal dan Pelabuhan Transit dan Nama Kapal Pengganti (Jika memang service pengiriman-nya harus menggunakan lebih dari 1 kapal).
CLOSING TIME : Tenggat waktu normal yang di perbolehkan bagi cargo / barang yang masuk ke tempat penimbunan sementara seperti gudang CFS atau UTPK (Unit Tempat Penumpukan Peti Kemas).
Catatan : Tiap-tiap Shipping Schedule selalu mencantumkan tanggal dan waktu closing time. Dan jika cargo masuk ke tempat penimbunan sementara itu melewati dari waktu Closing Time yang telah ditetapkan maka pihak shipper akan dikenakan sanksi / denda.
P.E. : Persetujuan Export. Lembar Persetujuan Export ini bisa diperoleh dan di print sendiri oleh pihak Shipper / EMKL yang memiliki system online (E.D.I = Electronic Data Interchange) setelah pengajuan dokumen2 Export seperti Packing List, Commercial Invoice & PEB di setujui oleh pihak Bea dan Cukai.
P.E.B : Pemberitahuan Export Barang. Pengisian form Pemberitahuan Export Barang di ajukan dengan system online melalui system EDI. Jika pemeriksaan PEB di setujui, maka akan keluar P.E. Adapun data-data yang diisikan saat pengajuan pengisian form PEB adalah semua data-data yang ada di Packing List & Commercial Invoice seperti 
EDI Sistem : Kehadiran Electronic Data Interchange (EDI) telah menjadi salah satu solusi untuk membuat efisienan dalam transaksi bisnis di Internet dan sekaligus memberikan jaminan keamanan dalam bertransaksi tersebut. EDI adalah pertukaran data komputer antar aplikasi melintasi batas-batas organisasi, sehingga intervensi manusia atau interpretasi atas data tersebut oleh manusia [RITCHIE 94] dapat ditekan seminimum mungkin. Akibatnya data dalam EDI tentunya harus dalam format terstruktur yang bisa dipahami oleh masing-masing komputer. Salah satu aplikasi penggunaan EDI dalam membantu sistem infrormasi seperti yang dilakukan oleh pemerintah.Dalam jangka panjang, usaha pemerintah untuk meningkatkan cadangan devisa harus didukung oleh kegiatan ekspor. Oleh karena itu, kegiatan ekspor harus digalakkan. Berkaitan dengan hal tersebut, maka pelabuhan, khususnya jasa pelayanan kepabeanan yang berada di pelabuhan, memegang peranan penting untuk menjamin kelancaran arus barang. Sebagai salah satu usaha untuk memperlancar arus barang di pelabuhan diterapkan sistem Electronic Data Interchange ( EDI).
TERM PENGIRIMAN EXIM APA SAJA
Setelah mengetahui sekilas mengenai alur Impor ada baiknya kita berlanjut ke TERMS pengiriman.
Barang yang kita Impor pasti memerlukan sebuah moda transportasi untuk mengirim barang dari lokasi supplier di luar negeri sampai diterima oleh kita sebagai importir.
Penyediaan moda transportasi pasti tidak lepas dari yang namanya BIAYA!
Nah, oleh karena itu diperlukannya sebuah TERMS (aturan) transaksi perdagangan international sebagai acuan terhadap resiko BIAYA yang timbul.
Maka dari itu ada yang namanya Incoterms Rules atau International Commercial Terms (Aturan perdangan international kalo di Bahasa Indonesiakan) yang dibuat oleh International Chamber of Commerce (ICC), saat ini Incoterms yang menjadi acuan adalah Incoterms 2010.
Ok, sebelum masuk ke jenis-jenis TERMS, kita harus tahu dahulu, sebenarnya biaya yang secara umum akan timbul jika kita melakukan impor barang.
Biaya yang akan timbul pada saat melakukan Impor (Sebenarnya expor juga, jadi alurnya bisa di balik saja) :
General Transport
EXW– Ex Works (Nama Tempat) artinya pihak exportir hanya meyediakan barang saja di gudang mereka, biaya perjalanan dari gudang pihak exportir sampai dengan gudang importir ditanggung penuh oleh importir sendiri (Jadi istilahnya kaya menjemput bola) termasuk juga biaya dan perizinan export di negara pengekport di urus oleh pihak importir.
FCA– Free Carrier (Nama Tempat) artinya pihak exportir hanya bertanggung jawab terhadap perizinan export dan biaya perjalanan dari gudang sampai tempat yang telah di tentukan saja, untuk biaya yang timbul di pelabuhan asal sampai dengan tujuan di tanggung oleh importir.
CPT – Carriage Paid To (Nama tempat tujuan) artinya pihak exportir bertanggung jawab terhadap biaya yang timbul hanya sampai pelabuhan importir saja.
CIP Carriage and Insurance Paid(Nama tempat tujuan) artinya sama seperti CPT ditambah pihak exporter wajib membayar asuransi perjalanan dari pelabuhan asal sampai pelabuhan pihak importir.
DAT– Delivered at Terminal (nama terminal di pelabuhan tujuan) artinya pihak exportir menanggung biaya hanya sampai barang di unloading dari kapal di pelabuhan penerima.
DAP– Delivered at Place (Nama tempat tujuan) artinya pihak exportir membayar biaya sampai ke tempat importir, akan tetapi pajak pengeluaran barang tetap di tanggung oleh pihak importir
DDP– Delivered Duty Paid (Nama tempat tujuan) artinya pihak exportir membayar semua biaya yang keluar termasuk pajak pengeluaran barang sampai ke tempat tujuan importir.
Nah, yang di atas itu terms yang umumnya digunakan untuk pengiriman jalur udara.
Dibawah ini merupakan terms yang biasa digunakan untuk pengiriman jalur laut :
FAS – Free Alongside Ship (nama pelabuhan keberangkatan) artinya pihak exportir bertanggung jawab terhadap biaya yang timbul hanya sampai truck yang mengangkut barang export di unloading di pelabuhan. Untuk biaya loading ke kapal (vessel) sampai ke negara importir di tanggung oleh pihak importir.
FOB– Free on Board (nama pelabuhan keberangkatan) artinya pihak exportir bertanggung jawab terhadap semua biaya sampai barang di loading ke dalam kapal (vessel).
10 CFR– Cost and Freight (nama pelabuhan tujuan) artinya pihak exportir bertanggung jawab terhadap semua biaya yang timbul hanya sampai port di pelabuhan tujuan (importir)
11 CIF– Cost Insurance and Freight (nama pelabuhan tujuan) artinya sama dengan CFR hanya saja di tambah biaya asuransi pengiriman di tanggung oleh pihak exportir.







Gambar 1 Gambaran umum biaya expor-import
Mari kita simak apa saya TERMS untuk proses IMPOR maupun EXPOR barang :









Gambar 2 Incoterms

 




PROSEDUR IMPOR
Apabila Importir di Indonesia ingin membeli (mengimpor) barang dari luar negeri, Importir yang bersangkutan harus memperhatikan langkah – langkah sebagai berikut :
a. Mencari supplier baik diluar negeri atau melalui agennya didalam negeri dalam bentuk Export Agen, Solo Agent, atau Trading House.
b. Meminta supplier untuk mengirimkan sample(contoh barang) dan (performa invoice) untuk mengetahui barang, harga barang, cara pengiriman, cara pembayaran, mutu barang dsb.
c. Melakukan perhitungan biaya – biaya impor antara lain berupa bea masuk yang harus dibayar, PPn, PPnBM (kalau ada), PPh, dan beberapa harga yang bisa ditawarkan dipasaran luar negeri.
d. Negosiasi tentang harga dan jenis barang berdasarkan Performa Invoice dan Sample yang telah dikirimkan oleh supplier.
e. Kalau sudah terjadi sepakat segera mengajukan permohonan pembukaan L/C kepada Bank Devisa dengan menyetorkan uang jaminan sebesar 100% dan jumlah L/C yang dibuka dan membayar biaya pembukaan sebesar 0,5% dari jumlah L/C yang diajukan. Dalam hal importir tidak bisa menyediakan dana untuk setoran ini, segala kebijaksanaan ada pada pihak bank. Seperti misalnya importir tidak mempunyai jumlah margin yang cukup untuk membayar setoran jaminan ini tetapi importir hanya bisa memberikan angsuran dalam bentuk lain, maka diterima tidaknya PPLC yang diajukan kepada bank keputusan ada pada pihak.
f. Memberitahu eksportir mengenai L/C yang telah dibukanya untuk member kesempatan kepada eksportir mengenai persiapan pengadaan barang.
g. Menunggu pengiriman dari eksportir.
h. Menghubungi pihak pelayanan untuk meminta informasi tentang ETA (Estimated Time Arrival) atau waktu tiba kapal.
i. Menghubungi Bank Devisa mengenai tibanya dokumen impor dari eksportir antara lain LPS, B/L, Invoice, Packing List dll.
j. Mengajukan PIB (Pemberitahuan Impor Barang) dan mengisi SSPCP (Surat Setoran Pabean, Cukai dan Pajak) untuk memperoleh LPS (Laporan Pemeriksaan Surveyor) asli dan B/L asli guna proses pengeluaran barang di pelabuhan (Proses Inklaring) sekaligus mendebit rekening pembiayaan importir seperti yang tercantum dalam PIB, SSPCP kepada Bank Devisa.
k. Menukarkan B/L asli dengan D/O (Delivering Order) kepada pelayaran untuk bisa mengeluarkan container digudang lini I dan membawa PIB, SSPCP ke Bea Cukai untuk bisa mengeluarkan barang dari pelabuhan.











PROSEDUR EKSPOR
Prosedur adalah langkah – langkah kegiatan yang dilakukan secara berurutan mulai dari langkah awal hingga langkah terakhir dalam rangka penyelesaian proses suatu pekerjaan. Dalam melakukan kegiatan ekspor dikenal juga dengan istilah Prosedur Ekspor.Prosedur Ekspor adalah langkah – langkah yang harus dilakukan oleh eksportir apabila melakukan ekspor. Prosedur Ekspor terdiri dari 12 (dua belas) langkah sebagai berikut :
a. Korespondensi Eksportir mengadakan korespondensi dengan importir luar negeri untuk menawarkan dan menegosiasikan komoditi yang akan dijualnya. Dalam surat penawaran kepada importir harus dicantumkan jenis barang, mutunya, harganya, syarat – syaratnya pengiriman, dan sebagainya.
b. Pembuat Kontrak Dagang Apabila importir menyetujui dengan penawaran yang diajukan oleh eksportir, maka importir dan eksportir membuat dan menandatangani kontrak dagang. Dalam kontrak dagang dicantumkan hal – hal yang disepakati bersama.
c. Penerbitan Letter of Credit (L/C) Setelah kontrak dagang ditanda tangani maka importir membuka L/C melalui bank koresponden dinegaranya dan mengirimkan L/C tersebut ke Bank Devisa yang ditunjuk memberitahukan diterimanya L/C tersebut kepada eksportir.
d. Mempersiapkan Barang Ekspor Dengan diterimanya L/C tersebut maka eksportir mempersiapkan barang – barang yang dipesan importir. Keadaan barang – barang yang dipersiapkan harus sesuai dengan persyaratan yang tercantum dalam kontrak dagang dan L/C.
e. Mendaftarkan Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) Selanjutnya eksportir mendaftarkan Pemberitahuan Ekspor Dagang (PEB) ke Bank Devisa dengan melampirkan surat sanggup apabila barang ekspornya terkena pungutan ekspor.
f. Pemesanan Ruang Kapal Eksportir memesan ruang kapal ke Perusahaan Pelayaran Samudera atau perusahaan penerbangan. Perlu dicek perusahaan perkapalan mana yang mempunyai tariff angkutan kargo paling murah dan paling memberikan jaminan akan ketepatan waktu pelayaran.
g. Pengiriman Barang Ke Pelabuhan Eksportir sendiri dapat mengirim barang ke pelabuhan pengiriman dan pengurusan barang ke pelabuhan dan ke kapal dapat juga dilakukan oleh perusahaan jasa pengiriman barang (Perusahaan Freight Forwarding atau Perusahan Ekspedisi Muatan Kapal Laut / EMKL). Dokumen – dokumen ekspor disertakan dalam pengiriman barang ke pelabuhan dan ke kapal.
h. Pemeriksaan Bea Cukai Di Pelabuhan Dokumen ekspor diperiksa oleh pihak Bea Cukai. Apabila diperlukan, barang – barang yang akan diekspor diperiksa juga oleh pihak Bea Cukai. Apabila barang – barang dan dokumen yang menyertainya telah sesuai dengan ketentuan maka Bea Cukai menanda tangani pernyataan persetujuan muat yang ada pada PEB.
i. Pemuatan Barang ke Kapal Setalah pihak Bea Cukai menandatangani PEB maka barang telah dapat dimuat ke kapal. Segera setelah barang dimuat ke kapal, pihak pelayaran menerbitkan Bill of Lading (B/L) yang kemudian diserahkan kepada eksportir.
j. Surat Keterangan Asal Eksportir sendiri atau Perusahaan Freight Forwarder atau EMKL/EMKU memfiat pemuatan barangnya dan mengajukan permohonan atau ke kantor Dinas Departemen Perdagangan atau memperoleh SKA apabila diperlukan.
k. Pencairan L/C Apabila barang sudah dikapalkan, maka eksportir sudah dapat ke bank untuk mencairkan L/C. dokumen – dokumen yang diserahkan ke bank adalah B/L, Commercial Invoice, Packing List dan PEB.
l. Pengiriman Barang ke Importir Barang dalam perjalanan dengan kapal dari Indonesia ke pelabuhan di negara importir.

ini ane rangkum dari beberapa web, semoga Basic EXIM ini bermanfaat buat kita semua ya.
Segini dulu ya, nanti kalo ane ada hidayah lagi ane lanjut apdet tentang EXIM, supaya kita semua bisa mahir di dalam bidang export import, khususnya yang bekerja di bidangnya Importir.

Comments